Hai sahabat blogger, sekarang gue mau ngebahas tentang rating karena ini adalah unsur terpenting yang harus dimiliki oleh sebuah program televisi. Yuk cekidot!!
Rating adalah evaluasi atau penilaian atas sesuatu. Rating merupakan data kepemirsaan televisi. Data merupakan hasil pengukuran secara kuantitatif. Jadi rating bisa dikatakan sebagai rata-rata pemirsa pada suatu program tertentu yang dinyatakan sebagai persentase dari kelompok sampel atau potensi total. Pengertian yang lebih mudah, rating adalah jumlah orang yang menonton suatu program televisi terhadap populasi televisi yang di persentasekan. Apabila dirumuskan menjadi:
Data kepemirsaan TV itu
dihasilkan berdasarkan survei kepemirsaan TV (TV Audience Measurement/
TAM). Di Indonesia survei kepemirsaan televisi kini diselenggarakan oleh AGB
Nielsen Media Research (AGB NMR). Sebenarnya ada perusahaan lain yang
bergerak dibidang yang sama, tetapi para stakeholders dari data
kepemirsaan TV itu, seperti pengelola stasiun televisi, pengiklan, media, dan
lainnya yang berlangganan rating tersebut, lebih mempercayakan terhadap hasil
data kuantitatif yang dihasilkan oleh AGB NMR. AGB NMR merupakan perusahaan
survei kepemirsaan TV terbesar di dunia. Dalam tugasnya, AGB NMR mengacu pada
pandangan global ”Global Guidelines for TV Audience Measurement (GGTAM)”
yang dibuat oleh Audience Research Method (ARM) Group.
Pengoperasian dan prosedur
standar survei kepemirsaan TV yang mengacu pada GGTAM harus melalui tujuh
proses pokok. Ke tujuh proses tersebut adalah:
1. TV
Establishment Survey,
2. Pemilihan
Panel,
3. Metering
Equipment (TVM-5): pemasangan di rumah tangga panel,
4. Pengumpulan Data (On-line
Polling),
5. The Production (Pollux
System),
6. TV Monitoring,
7. Pengiriman Data (via Arianna).
Rating program
tidak mencerminkan kualitas program. Rating adalah presentase dari penonton
suatu acara dibandingkan dengan total atau spesifik populasi pada waktu
tertentu. Yang diukur melalui rating ini kuantitas dan bukan kualitas suatu
acara.
Rating = Jumlah penonton program A x 100 %
Populasi TV
Dengan
perhitungan rating yang menit per menit, panjangnya program mempengaruhi rating
dari satu program. Misalnya program yang tadinya berdurasi 30 menit mempunyai
rating 10. Ketika diperpanjang menjadi 60 menit, ratingnya turun menjadi 8
persen, dikarenakan angka pembagi yang semakin besar.
0 komentar:
Posting Komentar