1. Karakteristik Stasiun Televisi Stasiun televisi yang
menyiarkan khusus berita. Olahraga, Musik, atau film akan lebih menguntungkan
advertiser, karena mereka bisa memilih stasiun tv yang sesuai dengan market.
Untuk stasiun yang ber-rating tinggi, maka mematok biaya
iklan tv cukup besar, sekitar 10 juta hingga 15 juta rupiah per 15 hingga 30
detik penayangan.
Beda lagi tarif untuk tv lokal, biaya iklan tv hanya
berkisar 50 ribu hingga 300 ribu rupiah per spot atau sekali tayang dengan
durasi sekitar 30 detik.
2. Rating Program Acara
Semakin tinggi sebuah rating acara, maka semakin mahal biaya
yang dibandrol untuk iklan tv, contohnya acara Termehek-mehek di Trans TV
mematok harga iklan Rp 5,5 juta per slot durasi 30 detik
3. Jenis Penyiaran Acara
Untuk acara yang disiarkan secara tunda atau langsung juga
terdapat perbedaan dalam biaya iklan tv yang dipasang. Untuk siaran langsung,
harga yang dipatok lebih mahal dibandingkan siaran tunda .
4. Jam Penayangan
Pada trafik penonton yang ramai akan dipasang biaya iklan tv
yang lebih mahal dibandingkan jam tayang yang diperkirakan tidak ramai
penonton. Seputar Indonesia Pagi RCTI mematok Rp 8 juta, untuk Petang Rp 16
juta, sementara malam hanya Rp 5 juta.
5. Peletakan Iklan
Letak antara iklan
dan program acara juga mempengaruhi harga. Iklan yang diputar setelah program
acara berlangsung akan dianggap sebagai posisi pasang iklan yang paling
strategis sehingga dipasang harga lebih mahal dibandingkan iklan yang dipasang
di antara iklan lain.
Hal ini berkaitan dengan penonton yang suka mengganti chanel
siaran ketika iklan berlangsung. Apabila dikalkulasikan, maka rata-rata tarif
iklan tv terbagi dalam dua jenis, tarif murah berkisar 50 ribu hingga 350 ribu
rupiah per spot (durasi 15-30 detik) dan tarif mahal berkisar 6 juta hingga 16
juta rupiah per spot (durasi 15-30 detik).
itu aja postingan dari gue, semoga bermanfaat buat loe yang butuh buat ngerjain tugas. Harga sewaktu waktu bisa berubah kapan aja yaaa
Terima Kasihhh
0 komentar:
Posting Komentar